Penyuluhan Dan Skrining Ca Mammae Pada Wus Di Dusun Kaliajir Desa Kalitirto Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman DIY

Casnuri Casnuri

Abstract


Latar belakang :Ca Mamae adalah kanker yang relatif sering dijumpai dan merupakan penyebab kematian utama pada wanita berusia 45 dan 64 tahun. Ca Mammae merupakan penyakit yang mengancam atau semua wanita dapat berisiko untuk terkena kanker payudara ini, tidak satupun penyebab spesifik dari kanker payudara sebaliknya faktor genetik, harmonal dan kemungkinan kejadian lingkungan dapat menunjang terjadinya kanker ini.

Tujuan pengabdian : agar semua masyarakat di Dusun Kaliajir Desa Kalitirto Kecamatan BerbahKabupaten Sleman DIY khususnya WUS memahami dan mampu mendeteksi kejadia ca mammae secara dini

Metode pelaksanaan kegiatan: Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2017 dan tanggal 2 Oktober 2017 di Rumah Ibu RT  Dusun Kaliajir RT 07 RW 13 Kalitirto, Berbah, Sleman dengan memberikan penyuluhan mengenai Ca Mammae dan mempraktikan kepada peserta mengenai pemeriksaan SADARI.

Hasil kegiatan: Sebagian besar WUS mengetahui kanker payudara. Namun, hanya sebagian kecil dari WUS yang mengetahui penyebab dari kanker payudara dan memahami pemeriksaan SADARI di rumah.

Kesimpulan: WUS di Dusun Kaliajir RT 07 RW 13 Kalitirto, Berbah, Sleman memiliki pengetahuan yang baik tentang kanker payudara dan memiliki kesadaran untuk melakukan pemeriksaan SADARI di rumah.

 

Kata kunci: Penyuluhan, Ca Mammae, WUS


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v1i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284

Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta

Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta

Email: dharmabakti@respati.ac.id

View My Stats

Indexed by:

Scolar Medika Crossref