PENYULUHAN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DI LINGKUNGAN PANTI ASUHAN AL-ISLAM BABARSARI YOGYAKARTA

Marius Agung Sasmita, Eva Runi Khristiani, Muryani Muryani

Abstract


Babarsari merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk tinggi dan mobilitas penduduk yang tinggi. Wilayah Babarsari ini merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul yang merupakan wilayah dengan kasus DBD terbanyak se-DIY pada tahun 2019 dengan kasus 1424 penderita DBD.

Metode program pengabdian masyarakat ini menggunakan ceramah dengan presentasi yang dibantu video. Disertai juga share pengalaman mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Evaluasi program ini menggunakan saran dan masukan yang telah diberikan oleh peserta

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 24 peserta dan 3 guru. Hasilnya semua peserta terlibat aktif dan tanya jawab serta share pengalaman mengenai Pencegahan  dan Pemberantasan Sarang Nyamuk.

Metode yang digunakan ini lebih efektif dalam daya serap wawasan, mudah dipahami dan dapat diterapkan karena mudah dilakukan oleh siapa saja. Disamping gerakan 3M plus juga berikan teknik pencegahan (menghindari) dari aspek karakteristik nyamuk Aedes aegypti.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v5i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284

Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta

Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta

Email: dharmabakti@respati.ac.id

View My Stats

Indexed by:

Scolar Medika Crossref