EDUKASI KESEHATAN UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI THAILAND MELALUI WEBINAR PADA WARGA MUHAMMADIYAH DAN ‘AISYIYAH

Tyas Aisyah Putri, Shafa Sabilla Rahma, Muhammad Syamsu Hidayat

Abstract


Latar Belakang: Permasalahan covid-19 masih menjadi permasalahan serius di dunia maupun di Indonesia. Dampak covid-19 dirasakan oleh berbagai sektor, terutama sektor kesehatan. Angka mobiditas dan mortalitas akibat covid-19 di Indonesia masih tinggi, selain itu terdapat isu-isu hoax yang membuat masyarakat bingung dan resah, sehingga permasalahan ini diangkat oleh pengusul bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Thailand sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat melalui webinar kesehatan mengenai upaya pencegahan covid-19.

Tujuan: untuk meningkatkan pengetahuan mengenai upaya pencegahan Covid-19 pada masyarakat umum dan khususnya untuk warga Muhammadiyah dan Aisyiyah sehingga angka kejadian, kesakitan, serta kematian yang disebabkan oleh covid-19 dapat menurun.

Metode: menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan studi kasus. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan secara virtual dengan aplikasi zoom meeting dengan jumlah peserta 96 orang, serta melibatkan sebanyak 3 narasumber dari Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan dan anggota PCIM Thailand serta 4 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2021 dengan total waktu pelaksanaan 150 menit. Pengukuran peningkatan pengetahuan dilakukan dengan pengisian kuesioner sebelum dan sesudah dilakukan proses edukasi (pre-post test) yang diolah secara statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Menunjukkan hasil adanya perbedaan signifikan tingkat pengetahuan peserta sebelum dan sesudah diberikan materi webinar upaya pencegahan covid-19 (p= 0.000).

Kesimpulan: terdapat peningkatan pengetahuan peserta mengenai upaya pencegahan covid-19.

 

Kata kunci: Covid-19, upaya pencegahan, webinar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v5i2.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284

Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta

Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta

Email: dharmabakti@respati.ac.id

View My Stats

Indexed by:

Scolar Medika Crossref