Buku Saku BerJaLan sebagai Usaha Preventif Penyebaran Covid-19

Nety Mawarda Hatmanti, Rusdianingseh Rusdianingseh, Yurike Septianingrum, Siti Maimunah

Abstract


Latar Belakang : Berbagai usaha dilakukan oleh petugas kesehatan untuk mengurangi sampai mencegah penularan virus Covid-19 di masyarakat. Buku saku “BerJaLan” ini salah satu media edukasi yang diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan yang selanjutnya meningkatkan self efficacy masyarakat untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Metode : Kegiatan yang dilakukan adalah pendidikan kesehatan (penyuluhan) dan demonstrasi menggunakan media bantu buku saku “BerJaLan” di area padat penduduk yaitu wilayah Karangrejo Wonokromo Surabaya. Topik yang disampaikan dalam buku ini antara lain : berpikir positif, jaga protocol kesehatan dan lakukan pola hidup sehat.

Hasil : Warga Karangrejo Wonokromo Surabaya yang mengikuti kegiatan edukasi dan demonstrasi terlihat sangat antusias untuk tanya jawab dan mempraktikkan materi yang dilaksanakan selama 1 hari. Hasil pembagian kuesioner pre test dan post test yang dilakukan pada 21 responden adalah terdapat peningkatan nilai self efficacy dalam menjalankan upaya preventif dari nilai 39.21 ke nilai 41.19. Hasil post test menunjukkan bahwa pengetahuan warga setelah diberikan edukasi dan demonstrasi sebagian besar (85.71%) berada dalam kategori pengetahuan baik.

Kesimpulan : Kegiatan pengabdian masyarakat melalui edukasi dan demonstrasi dengan media buku saku “BerJaLan” dapat meningkatkan pengetahuan dan self efficacy warga tentang kegiatan preventif dalam penyebaran virus Covid-19. Media ini dapat menjadi salah satu alternative bagi warga untuk meningatkan pengetahuan tentang kegiatan preventif penyebaran virus Covid-19.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v5i2.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284

Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta

Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta

Email: dharmabakti@respati.ac.id

View My Stats

Indexed by:

Scolar Medika Crossref