WORKSHOP E-COMMERCE BAGI KOMUNITAS UMKM BATIK JUMPUT
Abstract
Dampak positif penyelenggaraan workshop e-commerce bagi komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang fokus pada industri batik jumput. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota komunitas mengenai strategi pemasaran online, pengelolaan toko virtual, dan peningkatan kehadiran digital. Melalui pendekatan interaktif dan studi kasus, peserta lokakarya diberdayakan dengan keterampilan praktis yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka di era digital. Selain itu, artikel ini mengulas respon positif dan hasil nyata yang diraih UMKM setelah mengikuti workshop, seperti peningkatan penjualan, jangkauan pasar yang lebih luas, dan penguasaan teknologi e-commerce. Workshop ini dinilai sebagai langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan UMKM batik jumput di tengah dinamika pasar digital saat ini.
Kata kunci : UMKM; Batik Jumput; Ecommerce; Workshop
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v1i2.265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284
Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta
Email: [email protected]
Indexed by: