Retraining Dan Pendampingan Kader Posyandu Remaja Dalam Melakukan Monitoring Status Gizi Di Desa Cokrobedog, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta

Rr Dewi Ngaisyah

Abstract


Latar Belakang: Posyandu diselenggarakan untuk melayani remaja, salah satu  layanannya adalah  monitoring status gizi. Posyandu  Remaja Cokrobedog semenjak berdiri tahun 2014 sampai dengan sekarang peran kadernya masih dilaksankan oleh kader dari kelompok Ibu PKK yang umumnya adalah kader Posyandu Balita dan belum adanya pengkaderan pada remaja.

 Tujuan Kegiatan : Pemberdayaan dengan melibatkan remaja dalam menjaga kesehatan dan aktifitas pelayanan posyandu  remaja Cokrobedog, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta.

 

 Metode Pelaksanaan: Kegiatan pelatihan ini dilaksankan dengan metode ceramah mengenai monitoring status gizi dan edukasi gizi seimbang dan dilanjutkan praktik melakukan kegiatan monitoring gizi seimbang dan pengisian KMS , kemudian  dilakukan pendampingan terhadap pelaksanaan program kerja kader posyandu remaja Cokrobedog.

 

 Hasil dan rekomendasi: berdasarkan hasil pre-test dan post test terdapat perbedaan  signifikan pegetahuan dan ketrampilan kader posyandu Remaja sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan. Pelatihan cukup efektif meningkatkan ketrampilan dan kapasitas kader posyandu, khususnya edukasi gizi seimbang dan penilaian serta monitoring status gizi. Kegiatan pelatihan kader Posyandu dapat dijadikan agenda kerja rutin tahunan Puskesmas yang dilakukan secara berkelanjutan

 

 

Kata Kunci : Remaja, Kader Posyandu, Status Gizi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284

Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta

Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta

Email: dharmabakti@respati.ac.id

View My Stats

Indexed by:

Scolar Medika Crossref