Pemanfaatan Energi Surya sebagai Energi Alternatif Pengganti Listrik untuk Memenuhi Kebutuhan Penerangan Jalan di Dusun Nglinggo Kelurahan Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo

Evrita Lusiana Utari, Ikhwan Mustiadi, Yudianingsih Yudianingsih

Abstract


Potensi wisata sebagai modal pembangunan dari lingkup kota, kabupaten, hingga yang terkecil yaitu desa, mulai dipasarkan demi meningkatkan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, serta mendukung perkembangan usaha kecil di daerah masing – masing. Wilayah yang memiliki potensi wisata yang cukup besar salah satunya adalah Kabupaten Kulonprogo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu Desa  yang memiliki keistimewaan wisata alam, budaya, dan agro adalah Desa Pagerharjo yang terletak di Kecamatan Samigaluh. Sebagai daerah tujuan  wisata harus memiliki daya tarik wisata antara lain memiliki fasilitas atau objek yang menarik, mudah  dicapai  dengan  kendaraan, menyediakan tempat hunian sementara atau homestay bagi para wisatawan. Salah satu dusun didesa Pagerharjo yaitu Dusun Nglinggo. Dusun Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulonprogo terletak di daerah perkebunan teh Nglinggo yang berada pada ketinggian 800 m dpl yang membentang cukup luas di daerah Pegunungan Menoreh. Di pegunungan ini dapat menikmati indahnya panorama delapan puncak gunung yaitu Merapi, Merbabu, Slamet, Prau, Ungaran, Sumbing, Telomoyo, dan Sindoro. Apabila kondisi cuaca berkabut dan gelap, pencahayaan sangat kurang sehingga menyulitkan bagi wisatawan untuk menuju maupun meninggalkan daerah perkebunan tersebut. Hal ini dikarenakan sumber energi yang ada didaerah perkebunan tersebut masih terbatas dan masih membutuhkan tambahan fasilitas utamanya adalah energi listrik.

Dari keterbatasan energi listrik tersebut memunculkan gagasan untuk memberikan penyuluhan pemanfaatan energi matahari sebagai energi alternatif sebagai sumber listrik. Pemanfaat energi matahari tersebut nantinya, hasilnya dapat digunakan untuk penerangan jalan. Sehingga mempermudah akses masyarakat menuju kawasan kebun teh yang masih minim penerangan. Oleh karena itu energi alternatif yang nantinya dapat digunakan untuk mempermudah akses jalan menuju daerah yang masih minim energi listrik dan pemanfaatan energi terbarukan ini juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat utamanya Dusun Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulonprogo.

Keyword: Solar Panel, Dusun Nglinggo, Samigaluh, Desa Wisata, Kebun Teh


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v1i2.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284

Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta

Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta

Email: dharmabakti@respati.ac.id

View My Stats

Indexed by:

Scolar Medika Crossref