Implementasi Pengenalan Tanda Tangan Otomatis sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi Evaluasi Sistem Presensi Tenaga Pendidik PAUD Yogyakarta

Latifah Listyalina

Abstract


Meningkatnya kebutuhan pendidikan yang telah merambah anak usia dini diiringi dengan bertambahnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Salah satu PAUD, PAUD Melati, memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kelas sebagai tempat belajar dan arena bermain yang kerap dimanfaatkan oleh peserta didik untuk saling bersenda gurau dan berinteraksi mengenal satu sama lain. Hal itu didukung pula dengan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik yang memadai.

Upaya peningkatan kualitas pendidikan di PAUD tersebut selalu dilakukan, seperti dengan melakukan rapat bulanan, pertemuan dengan wali murid, evaluasi semester, dan RKAT. Kehadiran seluruh tenaga pendidik pada setiap kegiatan tersebut tentu merupakan hal yang wajib, sehingga pada setiap kegiatan tersebut selalu terdapat presensi, yang dievaluasi secara berkala. Namun, hingga saat ini, masih banyak terdapat kasus penitipan tanda tangan dan evaluasi presensi kegiatan tersebut masih dilakukan secara manual, sehingga dibutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh hasil yang akurat.

Untuk itu, muncul gagasan dalam hal peningkatan efisiensi pada evaluasi absesnsi kegiatan tersebut, yang salah satunya dimulai dengan Implementasi Pengenalan Tanda Tangan Otomatis sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi Evaluasi Sistem Presensi Tenaga Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Melati. Kegiatan pengabdian terhadap masyarakat telah dilakukan sebagai implementasi dari hasil penelitian yang juga menggunakan hibah institusi pada periode yang serupa.

 

Kata kuncitanda tangan, PAUD, presensi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v1i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284

Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta

Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta

Email: dharmabakti@respati.ac.id

View My Stats

Indexed by:

Scolar Medika Crossref