IbM Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Candirejo Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang

Isfaizah Isfaizah, Mala Primarti, Anggun Trisnasari

Abstract


 Prevalensi peyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Puskesmas Ungaran 2014 sebanyak 17  kasus  dan  berada  di urutan ke-7 kasus DBD di kabupaten Semarang. Masalah DBD erat kaitannya dengan masalah perilaku, dimana tingkat pengetahuan masyarakat memegang peranan penting. Sosialisasi tentang pencegahan  dan  pemberantasan  penyakit  DBD  dengan  3M  PLUS pada  kader  kesehatan  sangatlah  penting  dalam  memutus  rantai nyamuk  Aedes  Aigepty  dan  memutus  endemik  kejadian  DBD di Desa Candirejo, Kabupaten Semarang. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan kader kesehatan dan ibu rumah tangga (IRT) tentang penyakit DBD dan cara pencegahannya.

Pengabdian ini dilakukan dalam 3 kegiatan yaitu refresing kader, penyuluhan IRT dan penghitungan jentik nyamuk. Sasarannya adalah 20 kader kesehatan, IRT serta rumah warga. Kegiatan dilaksanakan bulan Agustus sampai dengan Desember 2017. Evaluasi dilakukan dengan memberikan soal pre dan pos tes kepada kader kesehatan dan IRT, kemudian data dianalisis menggunakan SPPS Versi 22 dengan analisis univariat dan bivariat.

Hasil pengabdian ini adalah kehadiran kader kesehatan 80%, rerata umur kader 45 tahun, lama menjadi kader 16 tahun, pengetahuan kader sebelum diberikan penyuluhan sebesar 69, dan kader setelah penyuluhan menjadi 85. Rerata pengetahuan ibu rumah tangga (IRT) sebelum penyuluhan 68 dan menjadi 81 setelah penyuluhan. Terdapat perbedaan pengetuan kader dan IRT sebelum dan sesudah diberikan refresing kader dan penyuluhan. Perlunya peningkatan kegiatan refresing kader dan penyuluhan ke masyarakat baik dari tenaga kesehatan dan institusi pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan derajat kesehatan pada umumnya.

 

Kata Kunci : Pencegahan, Pemberantasan, Demam Berdarah Dengue

Kepustakaan : 9 (2007-2014)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jpdb.v1i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/17284

Jurnal Pengabdian Dharma Bakti
Kampus I Universitas Respati Yogyakarta

Jl. Adi Sucipto Km. 6,3 Depok, Sleman, Yogyakarta

Email: dharmabakti@respati.ac.id

View My Stats

Indexed by:

Scolar Medika Crossref